Kamis, 16 Februari 2012

Bahasa Jepang…

Kata Depan “ni”

Kata Depan ni

1. Menunjukkan tempat berada, diartikan “di”

- Isu ni suwaru : Duduk di kursi

- Watashi wa nihon ni iru : Saya ada di Jepang

2. Kata depan waktu, diartikan “pada”

- Watashi wa getsuyoubi ni Tokyo e iku : Saya pergi ke Tokyo pada Hari Senin

- Watashi wa 5ji ni okiru : Saya bangun pada jam 6

3. Menunjukkan pelaku pada kalimat pasif, diartikan “oleh”

- Watashi wa ano hito ni damasareta : Saya telah ditipu oleh orang itu

- Watashi wa tomodachi ni nagurareta : Saya dipukul oleh teman

4. Menggabungkan kata sifat 2 dg kata kerja, diartikan “dengan”

- Seito wa majime ni kiku : Murid mendengarkan dengan sungguh-sungguh.

- Minna isshoukenmei ni hataraku : Semua bekerja dengan keras.

- Hontou ni arigatou !! : Bener-bener terimakasih…..

5. Menunjukkan tujuan, diartikan “ke”

- Migi ni magaru : Belok ke kanan

- Nihon ni kuru : Datang ke Jepang


Kata depan “de”

Kata depan “DE”

1. Tempat melakukan kegiatan (diartikan “di”)

- Watashi wa shokudo de taberu : Saya makan di kantin

- Watashi wa Akihabara de pasokon o kau : Saya beli komputer di Akihabara

2. Menyatakan alat (diartikan “dengan”)

- Watashi wa enpitsu de kaku : Saya menulis dengan pensil

- Watashi wa hasami de kami o kiru : Saya memotong kertas dengan gunting

3. Menyatakan alasan (diartikan “karena”)

- Byouki de kaisya o yasumu : tidak masuk kerja karena sakit

- Ame de okureru : terlambat karena hujan

4. Menyatakan total

- Zembu de 5000 en desu : semuanya jadi 5000 yen.

5. Menyatakan kesimpulan (diartikan “kalau begitu”)

- de, dou suru? : Kalau begitu, gimana? Terus gimana ?


Pola Kalimat


Pola Kalimat

1. Pola SP : Subyek + wa + Predikat + (desu)

* (desu) dipakai bila Predikat bukan kata kerja

* wa adalah partikel setelah subyek

Contoh

- Watashi wa neru : Saya tidur

- Watashi wa Indonesia-jin desu : Saya orang Indonesia

- Jakarta wa nigiyaka desu : Jakarta ramai

2. Pola SOP : Subyek + wa + Obyek + o + Predikat

* o adalah partikel penghubung antara Obyek dg Predikat

Contoh

- Watashi wa gohan o taberu : Saya makan nasi

- Watashi wa mizu o nomu : Saya minum air

3. Pola Umum : Subyek + wa + Ket Waktu + ni + Ket Tempat + Obyek + o + Predikat

* ni adalah kata depan waktu

* ket waktu dan ket tempat bisa berubah posisinya

Contoh

- Watashi wa nichiyoubi ni Jakarta e iku : Saya Hari minggu pergi ke Jakarta

- Warashi wa shokudo de shichiji ni gohan o taberu : Saya makan nasi di kantin jam 7.





http://nihongo.blogdetik.com/page/2/

| Free Bussines? |

0 komentar:

Posting Komentar